A UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA SISWA KELAS XI.5 SMA NEGERI 15 PALEMBANG

  • Dyna Meriza Universitas PGRI Palembang

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar matematika melalui model pembelajaran berbasis masalah. Subjek yang digunakan
pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI.5 SMA Negeri 15 Palembang pada semester ganjil
tahunajaran 2023/2024 yang terdiri dari 35 siswa. Penelitian dilaksanakan dengan dua siklus
yang terdiri dari empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan
refleksi. Pada setiap siklus dilakukan dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data yang
digunakan pada penelitian ini yaitu data hasil belajar matematika siswa yang diambil dari tes
setiap siklus dan data mengenai situasi belajar mengajar yang diambil pada saat pembelajaran
dengan menggunakan lembar observasi. Berdasarkan hasil analisis kuantitatid dengan
menggunakan tes hasil belajar pada evaluasi mata Pelajaran matematika siklus I menunjukkan
bahwa jumlah siswa yang mencapai di atas KKTP adalah 10 orang dengan persentase 32,86%
dan pada siklus II jumlah siswa yang mencapai nilai di atas KKTP adalah 28 orang dengan
persentase 80,85%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan dengan menggunakan
model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa
kelas XI.5 SMA Negeri 15 Palembang.

Diterbitkan
2023-09-20