Privasi Data Konsumen : Studi Literatur Permasalahan Etika dalam Teknologi Informasi

  • Dilla Mukarromah Universtas Bina Darma

Abstract

Privasi data konsumen menjadi perhatian utama dalam era digital ini, di mana teknologi informasi memainkan peran krusial dalam mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah informasi pribadi. Studi literatur ini bertujuan untuk mengeksplorasi dimensi etika dalam penggunaan teknologi informasi terkait privasi data konsumen. Melalui analisis literatur, kami mengidentifikasi berbagai isu etika yang muncul dalam konteks ini, termasuk transparansi, keamanan data, dan tanggung jawab penggunaan informasi pribadi. Penelitian ini membahas privasi data konsumen terkait etika yang melibatkan organisasi, pengembang teknologi, dan konsumen dalam memastikan penggunaan teknologi informasi yang etis dan sesuai dengan norma-norma keberlanjutan. Dengan mendasarkan diri pada konsep etika, penelitian ini juga didasari berbagai pedoman yang ada untuk digunakan dalam penelitian privasi data konsumen. Hasil studi literatur ini memberikan pemahaman mendalam tentang kompleksitas etika dalam penggunaan teknologi informasi terkait privasi data konsumen. Implikasi praktis dan rekomendasi untuk pemangku kepentingan, termasuk organisasi, regulator, dan pengguna teknologi, juga dibahas untuk meningkatkan kesadaran dan perlindungan privasi dalam ekosistem digital yang terus berkembang. Dengan demikian, studi ini berkontribusi pada pemahaman yang lebih baik tentang bagaimana etika dapat diintegrasikan dalam penggunaan teknologi informasi untuk menjaga privasi data konsumen secara efektif dan berkelanjutan.

Published
2025-10-25
How to Cite
Mukarromah, D. (2025) “Privasi Data Konsumen : Studi Literatur Permasalahan Etika dalam Teknologi Informasi”, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKSI), 1(3), pp. 110-113. doi: 10.61346/jiksi.v1i3.87.