Penggunaan Media Sosial untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan Pada Prodi Baru di Universitas Prabumulih

  • Resky Klarasasati Universitas Bina Darma
Keywords: Prodi Baru, Instagram, dan Facebook

Abstract

Perkembangan teknologi yang cukup pesat telah membawa pada peradaban baru, lembaga atau perusahaan berlomba-lomba meningkatkan pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Pemanfaatan teknologi informasi cenderung diidentikkan kepada perumusan pekerjaan yang lebih cepat, akurat, efektif dan efisien baik dari segi waktu maupun biaya [1]. Menurut Chaffey dan Ellis dalam Manzoor et al. (2020) internet merupakan bagian terpenting dari teknologi yang telah memengaruhi perubahan perilaku individu di dalam melakukan aktivitas. Indonesia merupakan salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia yang mana pada bulan Januari tahun 2022 mencapai 204,7 juta pengguna. Selain itu, terdapat pengguna aktif media sosial di Indonesia sebanyak 191,4 juta pengguna yang telah meningkat 12,6% antara tahun 2021 dan 2022 serta dapat diasumsikan jumlah tersebut terus meningkat setiap tahunnya (Kemp, 2022).
Maka dengan banyaknya pengguna media sosial hal ini sebagai acuan sebagai sarana promosi kampus Universitas Prabumulih untuk meningkatkan mahasiswa di prodi baru, karena kampus Universitas Prabumulih memiliki 3 fakultas diantaranya fakultas ilmu ekonomi dan bisnis memiliki prodi manajemen, akuntansi dan prodi baru digital bisnis, fakultas teknik memiliki prodi teknik tambang dan prodi baru teknik lingkungan serta fakultas ilmu komputer memiliki prodi sistem informasi, komputerisasi dan prodi baru informatika. Universitas Prabumulih merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang ada di kota prabumulih, selain itu lokasi kampus strategis, biaya perkuliahan terjangkau kondisi seperti ini merupakan peluang besar yang dapat dimanfaatkan oleh Universitas Prabumulih dalam hal mendapatkan banyak calon mahasiswa.
Berdasarkan hal tersebut, pemasaran media sosial yang digunakan sebagai sarana promosi melalui media sosial yaitu Instagram (IG), dan Facebook maka hal ini di perlukan pengukuran kualitas layanan, tingkat kegunaan sistem, kualitas informasi, kualitas interaksi, serta kepuasan pengguna sehingga mendapatkan hasil persentase media sosial yang memiliki nilai tinggi digunakan sebagai sarana promosi.
Dari pernyataan diatas tentunya memerlukan pengukuran kualitas Penggunaan Media Sosial untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan pada prodi baru dilingkungan Universitas Prabumulih hal ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kegunaan sistem, kualitas informasi, kualitas interaksi, serta kepuasan pengguna, maka untuk mencapai hal itu metode yang diambil oleh peneliti adalah metode Webqual 4.0.

Published
2025-10-26
How to Cite
Klarasasati, R. (2025) “Penggunaan Media Sosial untuk Meningkatkan Layanan Pelanggan Pada Prodi Baru di Universitas Prabumulih”, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKSI), 3(2), pp. 53-58. doi: 10.61346/jiksi.v3i2.133.