Pengaruh Viral Marketing terhadap kepercayaan pelanggan Dan Keputusan pembelian (studi Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Amgkatan 2023) di Institut Teknologi Dan Bisnis PalComTech

  • Fitri Maria Fitri universitas bina darma
Keywords: Viral Marketing,Kepercayaan Pelanggan,Keputusan Pembeli

Abstract

Penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing baik secara Bersama sama maupun langsung untuk terhadap kepercayaan pelanggan dan Keputusan pembelian jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksplanatory research dan teknik sample menggunakan accidental sampling  dengan Teknik pengumpulan data yaitu kueisioner yang disebarkan ke mahasiswa jurusan sistem informasi Institut Teknologi dan Bisnis PalComTech Angkatan 2023 yang melakukan pembelian online melalui media Instagram sebanyak 100 responden.Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistic,deskiptif,analisi jalur (path analysis).Berdasarkan hasil pengujian dilakukan dengan analisis jalur (path analysis) dapat di ketahui pengaruh viral marketing terhadap kepercayaan pelanggan secara langsung signifikan dan bernilai positif dengan nilai koefisien path sebesar 0,763 dengan probabilitas t sebesar 0,000 (0,000<0.05).Kepercayaan pelanggan memiliki pengaruh secara langsung terhadap Keputusan pembelian dan bernilai positif dengan nilai koefisien path sebesar 0,404 dengan probabilitas t sebesar 0,001 (0,001<0.05). Viral marketing memiliki pengaruh secara langsung terhadap Keputusan pembelian sebesar 0,247 dengan nilai probabilitas t sebesar 0,034 (0,034<0,05).Secara tidak langsung pengaruh Viral Marketing terhadap Keputusan pembelian melalui kepercayaan pelanggan adalah sebesar 0,307.

Published
2025-10-26
How to Cite
Fitri, F. M. (2025) “Pengaruh Viral Marketing terhadap kepercayaan pelanggan Dan Keputusan pembelian (studi Pada Mahasiswa Jurusan Sistem Informasi Amgkatan 2023) di Institut Teknologi Dan Bisnis PalComTech”, Jurnal Ilmu Komputer dan Sistem Informasi (JIKSI), 3(2), pp. 41-47. doi: 10.61346/jiksi.v3i2.109.