A Implementasi Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMAN 2 Palembang

  • Khairani Nasya Anggraini Universitas PGRI Palembang
Keywords: Kemandirian Belajar, Pembelajaran berdiferensiasi, Problem Based Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan pedekatan pembelajaran berdiferensiasi model pembelajaran  problem based learning untuk meingkatkan kemandirian belajar peserta didik. Subjek penelitian dari penelitiam ini adalah peserta didik Kelas X-9 SMA Negeri 2 Palembang yang berjumlah 48 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data menggunakan angket, awawancara, dan observasi dengan angket digunakan sebagaai data utama. Data angket dianalisis dengan menggunakan skala likert. Data observasi dan wawancara dianalis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran pedekatan pembelajaran berdiferensiasi model pembelajaran  problem based learning. Peserta didik menunjukkan peningkatan pada indikator-indikator kemandirian belajar ketika pembelajaran berlangsung. Peningkatan ini tidak terlepas dari kegiatan guru dan peserta didik yang terlaksana sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran menggunakan pedekatan pembelajaran berdiferensiasi model pembelajaran  problem based learning. Hasil angket kemandirian belajar pra siklus sebesar 68,37% dengan kriteria baik meningkat 5,90% pada siklus I menjadi 74,27% dengan kriteria baik pada siklus II. Hasil angket meningkat 3,99% menjadi 78,26% dengan kriteria baik pada siklus II. Pada siklus III, hasil angket kemandirian belajar meningkat 83,03% dengan peningkatan sebanyak 4,77%. Sebanyak ≥75% peserta didik mencapai kemandirian belajar dengan kriteria baik, dan ≥75% mencapai kriteria baikuntuk setiap indikator kemandirian belajar.

Published
2023-09-20