A Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 2 Palembang

  • Venia Notalia Universitas PGRI Palembang
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Problem Based Learning Berdiferensiasi

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan data tes evaluasi. Hasil penelitian menemukan tahap observasi Pra Siklus sebanyak 10 siswa yang tuntas sedangkan sisanya 33 tidak tuntas. Selain itu, hasil asesmen gaya belajar menujukkan gaya 12 siswa gaya belajar visual dan 31 siswa lainnya visual auditori. Pada Siklus I didapat nilai terendah yaitu 33,3 tertinggi 83,3 rata rata 60,5, selain itu terdapat 26 siswa yang telah mencapai kriteria kelulusan atau sebesar 60,5 % dan terdapat 17 siswa yang masih belum mencapai kriteria kelulusan sebesar 39,5%. Sedangkan pada siklus II nilai terendah yaitu 50 dan nilai tertinggi 100 dengan nilai rata rata yaitu 79,2 dimana terdapat 37 orang siswa yang mencapai kriteria kelulusan atau sebesar 86% dan juga 6 orang siswa yang belum mencapai kelulusan sebesar 14%. Temuan lain pada siklus III didapat nilai terendah yaitu 50 dan nilai tertinggi 100 kemudian didapat nilai rata rata yaitu 83,3 dimana ada 40 orang siswa yang mencapai KKTP atau sebesar 93% dan juga 3 orang siswa yang belum mencapai KKTP atau sebesar 7%. Secara keseluruhan persentase keberhasilan aktivitas siswa untuk siklus I terlihat masih rendah yaitu 56,16% menglami peningkatan pada siklus II dan III menjadi 75,23% dan 89,19 %. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model problembased learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan matematika siswa kelas X di SMA Negeri 2 Palembang.

Published
2023-09-20