A Peningkatan Minat Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Problem Based Learning (PBL) di Kelas X SMAN 2 Palembang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan Problem Based Learning (PBL) terhadap peserta didik kelas X di SMAN 2 Palembang. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas X.10 SMAN 2 Palembang yang berjumlah 48 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Penerapan strategi PBL dan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi diharapkan mampu memberikan peningkatan minat belajar peserta didik. Dalam konteks ini, perhatian, ketertarikan, keterlibatan, dan perasaan senang peserta didik diukur sebagai indikator minat belajar. Hasil analisis menunjukkan peningkatan pada semua aspek minat belajar, dengan pra siklus sebesar 68,2%, siklus I sebesar 69,2%, siklus II sebesar 72,5%, dan siklus III sebesar 78,5%. Temuan ini mengindikasikan bahwa metode PBL dan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi memiliki dampak positif dalam merangsang minat belajar peserta didik terhadap matematika.